Sistem kerja Skimmer : si Pembobol ATM

Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan aksi pembobolan sejumlah rekening milik nasabah bank. Para korban kehilangan uang dalam rekening mereka secara mendadak. polisi meng-indentifikasi pelakunya menggunakan alat yang disebut skimmer. Bagaimana cara kerjanya dan trik menghindar dari ulah jahat para pelaku?

Zaman sekarang makin canggih. Uang milik kita yang ada dalam rekening saja bisa dibobol dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Di Batam dan beberapa kota besar lain, yang cukup menghebohkan beberapa waktu lalu adalah aksi pembobolan sejumlah rekening milik nasabah bank Mandiri oleh para peretas jaringan. Mereka memanfaatkan mesin-mesin auto debet atau anjungan tunai mandiri untuk melancarkan aksi. Bagaimana caranya?

Mereka melakukan modus pembobolan dengan cara menyalin atau meng-kloning data dari kartu ATM milik nasabah menggunakan perangkat yang disebut Skimmer. Skimmer adalah alat pembaca dan penulis kartu magnetik. Skimmer bisa menyalin seluruh data dari ATM kita kemudian mentransfernya ke kartu lain yang masih kosong. Cara kerjanya mirip alat pengganda cd writer pada komputer yang mampu membaca cd berisi data, kemudian menyalinnya ke cd lain yang masih kosong. Isinya akan sama persis dengan cd aslinya.

Pelaku biasanya menempatkan alat skimmer miliknya di mesin ATM. Saat nasabah melakukan transaksi dengan mesin ATM yang telah disusupi Skimmer, secara otomatis alat ini akan menyalin seluruh data dari kartu ATM si nasabah. Selain skimmer, pelaku juga menempatkan sebuah kamera kecil tersembunyi untuk merekam nomor pin si nasabah. Kamera biasanya diletakkan dekat dengan tombol penekan pin. Jadi, saat nasabah menekan tombol pinnya, otomatis akan termonitor dan direkam.

Lengkap sudah. Pelaku bisa memiliki data dari kartu ATM si nasabah sekaligus nomor pinnya. Kemudian, dengan gampang ia tinggal menggunakan kartu hasil kloning dan pin nasabah untuk menguras habis isi rekening tersebut.

Aksi pembobolan menggunakan perangkat Skimmer ternyata juga bisa dilakukan dengan alat debit kartu di mall atau toko yang menyediakan layanan pembayaran secara debet. Cara kerjanya hampir sama saja dengan modus yang diterapkan di mesin-mesin ATM.

Di Indonesia. Aksi menggunakan perangkat Skimmer merupakan kejahatan perbankan jenis baru. Tercatat kejadian serupa di Batam, pertama kali terjadi di Surabaya tahun 2006 lalu. Untuk melancarkan aksi, para pelaku kejahatan ini juga tidak segan-segan membeli perangkat Skimmer yang berharga hingga puluhan juta rupiah di luar negeri.

Lantas jika sudah begitu, bagaimana cara menghindarinya?. Tentu kita juga tidak rela dana dalam rekening menguap tiba-tiba karena ulah para pelaku. Ada beberapa tips yang mungkin bisa diikuti :

Kiat Menghindari Skimmer
1. Amankan selalu nomor pin anda
2. Teliti dengan seksama mesin atm yang akan digunakan
3. Jangan pernah meninggalkan kartu atm anda di mesin bila sewaktu-waktu macet dan tidak mau keluar

4. Biasakan berbelanja dengan uang tunai jangan percaya begitu saja dengan fasilitas electronic data capture (EDP)

(bintoro suryo/ berbagai sumber)

About these ads

16 thoughts on “Sistem kerja Skimmer : si Pembobol ATM

  1. Agung Herdiansyah berkata:

    wah….aje gileeee…….!!!!
    Tuh orang yang bsa bikin skimmer canggih amat.
    Untuk itu aye imbau buat semuanye biar ati-ati kalo ngambil duit di ATM atau bayar pake autodebet.

  2. tambahan, Sebaikny setiap selesai transaksi di ATM dan kartu ATM anda keluar, anda masukkn agi kartu ATM anda n pencet asal password anda lalu cancel. Sebaiknya ada temen kepercayaan yg di belakang anda waktu menarik ATM. Tarik ATM di tempat rame yang bersebelahan dengan Bank dan biasanya lebih aman krn ada securitynya yg pantau. disarankan jgn tarik ATM di tempat sepi bila terjadi sebaiknya bawa teman kepercayaan (untuk menghindari pembobolan, apalagi ampe macet kartuny di ATM (_ _”)), hindari gesek2 atau narik di hari2 libur bank, hati2 juga dengan modus org tak dikenal yg minta tolong atw menolong (wkt anda kesulitan), jg sebaikny ganti pin tiap brp bulan sekali secara rutin, sebaikny belanja secara tunai jgn biasakan gesek menggesek (apalagi kartu kredit (_ _”)), hati2 tep beware dengan yang namany pembobolan ATM jg Kartu Kredit!!! http://saisanwstreet.blogspot.com

  3. rena rences berkata:

    wah musti hati2 ya,,, sekedar saran saja,, mungkin jika input no pin ada baik nya kita tutupi angka nya biar gak keintip atau ganti no pin secara berkala

  4. Modus kriminal selalu saja ada yang baru dan canggih:sad: tapi aku syukur alhamdulillah gag pernah sampe kena skimmer karena atm ku juga gag ada isinya :lol:
    salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  5. wah baru ngeh kalo postingan ini bertanggal 20juni 2008. brarti…… sudah lama modus ini sudah digunakan para malingnya :???: mestinya pak polisi kan sudah tahu ato paling tidak sudah punya blacklist orang2 yang dicurigai.

  6. kadir berkata:

    Jangan banyak menimbun harta, perbanyak lah sedekah. Untuk Tabungan/bekal di hari kemudian, insya Allah tabungan ini mah gak kebobol maling/bangsat/pencuri/tuyul dan teman2nya.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s