Sekretaris idaman

Apa yang Anda pikirkan tentang seorang sekretaris? Yang terbayang mungkin paras yang cantik, tubuh langsing dengan tutur bahasa yang teratur rapih. Memang tidak salah. Sekretaris identik dengan pekerjaan yang teratur dan menjadi ikon sebuah perusahaan. Seperti halnya publik relation, seorang sekretaris juga dituntut punya penampilan menarik dan profesional.

Tapi sebenarnya profesi yang dijalani, kurang lebih sama dengan pekerjaaan lainnya. Seorang sekretaris juga disibukan dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari yang monoton dan menjemukan. Ada laporan kerja ke pimpinan yang harus diselesaikan setiap hari, membuat notulen rapat dan tetek bengek lainnya, yang bisa membuatnya jenuh dengan pekerjaan tersebut.

Di Batam para sekretaris, ternyata punya jurus untuk mengatasi masalah kejenuhan kerja sehari-hari. Salah satunya dengan membentuk wadah perkumpulan sesama sekretaris. Namanya Ikatan Sekretaris Indonesia (ISI) cabang Batam.Terbentuk resmi pada tanggal 22 Juli 2007. Sampai saat ini sudah memiliki 60-an anggota dari beragam perusahaan di Batam. Seperti MC Dermott, Pan United, H-Tech, PT Kie, PT Tricom, Boon Meng, Telkomsel, SOme, Novotel dan lainnya.

Sebelum terbentuk ISI cabang Batam, para sekretaris sebenarnya sudah sering berkumpul. Hanya saja kumpulnya para sekretaris sekedar happy fun saja. Namun belakangan ini, para sekretaris sepakat untuk membentuk wadah resmi sekretaris. Tujuannya agar memberikan nilai positif baik untuk pribadi para sekretaris, perusahaannya, dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Sharing untuk meningkatkan profesionalisme kesekretariatan adalah salah satunya yang mereka lakukan. Juga ada sederet kegiatan lain seperti acara bersifat kerohanian, aksi sosial, serta mendorong tumbuhnya kebudayaan. Acara gathering untuk menyegarkan pikiran juga bakal rutin dilakukan.

Ketua ISI Cabang Batam, Nunung Nurhayati dari ATB mengatakan ISI dibentuk dengan tujuan untuk menghimpun segenap pihak yang berprofesi sebagai sekretaris dan administratif profesional, guna mewujudkan kondisi yang saling melengkapi dalam upaya bangsa Indonesia membangun sumber daya sekretaris dan adminitratif profesional yang handal dan berkompetensi.

Sebab itu, keanggotaan ISI cabang Batam terbuka bagi mereka yang telah atau masih mengikuti pendidikan kesekretarisan dan administrasi bisnis. Juga bagi sekretaris atau administratif profesional, di lingkungan perusahaan cabang Batam. Sekretaris juga mesti punya keterampilan yang dimiliki. Seperti penguasaan sejumlah bahasa dari bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Belanda, Jerman, Mandarin,Jepang dan lainnya. Juga memiliki keterampilan penggunaan mesin/alat modern elektronic, baik mesin ketik elektronik, komputer, display writer dan mesin data pricessing.

Pada 1 September depan, pengurus ISI Cabang Batam periode 2007-2010 dengan ketua terpilih Nunung Nurhayati dari ATB dan wakil ketua Heni Sutriana dari MC Dermott. Seremonial pelantikan tersebut juga dikemas menarik dengan mendatangkan artis ibukota. Nunung menuturkan pengurus ISI hanya 19 orang saja. Mereka ada dari perusahaan berlokasi di Muka Kuning, Batu Ampar, Kabil dan Nongsa, Tanjung Uncang, Nagoya, Batam Centre dan lainnya. Ingin mengetahui ISI cabang Batam bisa datang ke sekretariat di Komplek Nusantara Golden Blok B No.3 atau di alamat email sekreatris_batam@yahoo.co.id. (ann)

Sinta Sari dari Achief Smart Profesional Konsultan

Pencetus ISI -Batam

Ikatan sekretaris Indonesia sendiri sudah terbentuk lama sudah lama ada di Indonesia. Lahir 7 Juli 1972 di jakarta. Sementara di Batam baru terbentuk dua pekan lalu. ”Ide awalnya dari acara seminar sekretaris pada 23 Juni 2007 dengan pembicara dari Sekolah Tinggi administrasi Managemen Kampus.
”Kami minta pendapat pada peserta seminar untuk membentuk ISI Cabang Batam. Nah dari hasil angket yang disebar, hampir semuanya menyambut baik bila dibentuk ISI cabang Batam,” ujar Sinta Sari dari Smart Profesional Konsultan.
Sinta Sari berharap dengan terbentuknya ISI cabang Batam, kumpulnya para sekretaris tak hanya untuk kegiatan senang melepas kejenuhan, namun ada nilai positif lainnya. ”Saya pikir memang sebaiknya sekretaris gathering sebaiknya ada unsur pendidikan, rohani, sosial. Juga dapat menghilangkan imej negatif yang tanda kutif, karena sekretaris itu adalah profesi yang juga menuntut peofesionalisme,” ujar seksi Pendidikan ISI Cabang Batam

Nunung Nurhayati dari ATB

Sebagai Tangan Kanan Pimpinan Perusahaan

Kami berharap dengan terbentuknya ISI Cabang Batam, keberadaan serta kemampuan sekretaris dan administratif profesional tidak hanya sebagai ”a girl whose desk around the corner” atau ”a girl who put the butts on the chair” saja. Tapi lebih dihargai dan diperhitungkan sebagai tangan kanan pimpinan perusahaan dalam membantu mengambil keputusan, juga sebagai mediator pimpinan perusahaan dengan karyawan perusahaan.
Kami juga berharap dengan adanya ISI cabang Batam, para sekretaris dan administratif profesional bisa tambah ilmu dan pengalaman, serta berguna bagi lingkungan kerja masing-masing anggota dan orang sekitarnya.
Dengan dibentuk ISI cabang Batam, para sekretaris dan administratif profesional juga turut menyumbang tenaga dan pikiran, ilmu dan pengetahuan dalam usaha pengembangan kemampuan sumber daya sekretaris dan administratif profesional. (andriani susilawati)

10 pemikiran pada “Sekretaris idaman

  1. Selamat buat ISI Cabang Batam…….
    Masukan buat pengurus dan anggota……ayo donk buat kegiatan yang banyak lagi biar tambah ok….saya siap membantu lagi……

  2. Dear all,
    Bagus banget isi artikel tentang sekretaris idaman yang notabene ga gampang,dan sekretaris kumpul2 untuk jadi lebih profesional ok punya. btw boleh iklan ya?
    kalau untuk menguasai bahasa prancis bagi sekretaris telah terbit buku pertama di indonesia mengenai itu. Judul : Bahasa Prancis untuk sekretaris pemula, (penerbit Genius 2009)berisi tentang bagaimana menguasai percakapan dan grammaire bahasa prancis untuk sekretaris. DApatkan di toko buku gramedia dan gunung agung, segera beredar di Batam….
    utk lebih jelasnya visit my blog: http://www.juliebooks4u.blogspot.com
    salam sukses selalu.

  3. Meski agak telat, kami mengucapkan SELAMAT atas terbentunya ISI cabang Batam. Melalui email ini kami dari Akademi Sekretari Saint Mary Jakarta ingin berkenalan dengan semua anggota ISI cabang Batam. Mudah-mudahan kita dapat bekerja sama pada waktu mendatang. Terima kasih
    Maxi A. Perajaka
    Direktur Akademi Sekretari Saint Mary Jakarta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s