‘Senam Otak’ Ketika Akan Belajar atau Bekerja

Mata yang suka mengantuk saat membaca atau suka stress menghadapi pekerjaan. Itu bisa hilang dengan senam otak. Senam Otak tidak butuh tenaga besar. 7 gerakan melibatkan pancaindra. Gunanya untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan pancaindra.

Di Batam, senam otak atau ‘brain gym’ masih terdengar asing di kalangan masyarakat biasa. Tapi tidak demikian bagi anak-anak peserta kursus sempoa. Senam otak sangat dikenal di kalangan mereka. Pasalnya, setiap akan belajar sempoa, mereka wajib ikut senam otak.

Salah satunya di Sempoa Gading Mas Education Centre di jalan Raden Patah dekat SDN 04 Baloi. Anak-anak yang ambil kursus sempoa disana sudah hapal betul setiap gerakan Senam Otak. Yaitu gerakan zaklar otak, gerakan silang, Cook’s Hoop Ups, burung hantu, pasang telinga, delapan tidur, dan gerakan titik positif. Seperti terlihat siang itu, saat jam menunjukan pukul 14.00 WIB. Anak-anak yang akan mulai belajar sempoa ramai-ramai mengikuti senam otak.

Setelah berkumpul di ruangan belajar, mereka langsung ambil posisi siap siaga melakukan senam otak. Mereka langsung berjajar dan mengambil jarak satu sama lainnya. Tak lama setelah itu, guru sempoa, Maria Safriana langsung memberi aba-aba untuk mulai Senam Otak. ” Zaklar otak(gerakan pertama Senam Otak-rd). ” tutur Maria pada anak-anak.

Saat itu, anak-anak langsung memijat saklar otak(dada-red)dengan jari dan telunjuk. Saklar otak berada pada bagian lembut dibawah tulang belikat. Sementara itu bolamata secara perlahan ke kiri dan ke kanan bolak-balik. Tangan yang satunya lagi diletakan pada daerah pusar, cukup disentuh dengan jari telunjuk dan tengah. Lidah diletakan dilangit-langit atas tepat berada dibelakang gigi seri atas, lalu pikirkan yang manis dan indah.

”Tarik napas, pikirkan hal-hal yang menyenangkan” lanjut Maria. Salah satu peserta kursus sempoa bernama Cici (7) langsung menyahutinya ”Makan ice cream, kentucky,” kata Cici terlihat menghayati gerakan senam otak.

Usai melakukan gerakan Saklar Otak, gerakan selanjutnya adalah gerakan silang. Yaitu tangan kanan menyentuh lutut kiri sambil bergantian. Sembari itu, mata memandang sekeliling agar terasa lebih santai serta membangkitkan energi pada mata. ”Ituloh, kadang mata suka mengantuk saat membaca. Itu bisa hilang dengan senam otak,” kata Maria.

Menurut Maria, belajar sempoa sama artinya melihat angka-angka yang jumlahnya bisa ratusan. Disitulah pentingnya melatih mata dan konsentrasi. Selain gerakan saklar otak, gerakan lainnya adalah Cook’s Hook Ups. Gerakannya duduk dikursi, silangkan kaki dan tangan. Dengan mata buka tutup, tarik nafas dalam dengan hidung dan lidah menyentuh langit-langit atas. ”Usai itu lenturkan lidah sambil menghembuskan nafas melalui mulut,” tambah Maria.

Ada juga grakan burung hantu, pasang telinga dan gerakan 8(delapan) tidur serta titik positif . Gerakan pasang telinga cukup menggunakan jempol dan jari telunjuk memijit dan menarik keluar membuka lipatan daun telinga dari atas ke bawah 3 atau 4 kali.
”Pasang telinga ini menstimulasi dan reflek mengaktifkan pendengaran dan perhatian. Dengan cara ini perhatian meningkat, kemampuan mendengar dan berbicara ditingkatkan,” katanya.

Untuk gerakan delapan tidur adalah menulis angka delapan dengan jari jempol di udara, dengan bola mata mengikuti gerakan jempol yang membentuk angka delapan. Sementara kepala tidak boleh bergerak. Yang juga bagian dari Senam Otak adalah gerakan titik positif. Gerakannya juga cukup mudah yaitu menyentuh titik positif yang ada di dahi dengan jari-jari tangan dan kiri . ”Sentuhlah titik positif ini bila dalam keadaan cemas, dengan demikian kita bisa lebih santai,” katanya.

Maria menuturkan gerakan titik positif bisa mengurangi stress dan ketegangan juga bisa membantu dalam emmbuat keputusan yang objektif. ”Senam otak sebenarnya tidak hanya untuk anak-anak. Bisa juga dilakukan oleh orang dewasa, termasuk mereka yang sibuk dengan pekerjaan. Bisa hilangkan stress dan ketegangan,” tambahnya. (andriani susilawati)

Satu pemikiran pada “‘Senam Otak’ Ketika Akan Belajar atau Bekerja

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.