HNABC, Komunitas Bersepeda ke Tempat Kerja (1)


bikes-heroes2 Off Road, Free Style Hingga Hemat BBM

Bersepeda ke kantor ternyata mengasyikan. Itulah kesan yang diungkapkan Kholil Wahyudi salah satu anggota Hang Nadim Airport Bicycle Community (HNABC). Selain sebagai sarana olahraga praktis untuk kesehatan tubuh. Bersepeda juga jadi sarana rekreasi penghilang stres.

Mereka yang tergabung dalam komunitas bersepeda di Bandara Hang Nadim suka ngumpul untuk bersepeda bersama. Mereka bahkan melakukan off road di jalan terjal yang menanjak di daerah Batam Centre. Buat yang jago bersepeda, boleh menunjukkan kebisaannya, free style dengan melompati deretan beberapa orang.


Kholil Wahyudi yang bekerja sebagai Kepala perwakilan Riau Airlines sudah enam bulan rutin bersepeda dari tempat kerjanya di Bandara Hang Nadim ke rumahnya di Citra Batam.


”Asyik mbak. Pikiran yang berat sehabis bekerja langsung hilang. Saat sampai di rumah tidak ada beban lagi. Positifnya lagi, kita tidak perlu lagi buang waktu dan duit untuk pergi fitness,” ujar Yudi begitu pria ini disapa.


Menurut Yudi, pertama kali menggunakan sepeda memang terasa capek. Namun semakin lama rasa capek itu hilang sendiri dan berubah jadi asyik. Sekarang Yudi malah suka ambil rute jarak yang lebih jauh yaitu dari Bandara Hang Nadim, ke simpang Kabil, simpang jam, simpang BNI Batam Centre lalu ke rumahnya di Citra Batam. ’’Waktu yang dihabiskan dengan bersepeda kira-kira 40 menitan,’’ ujarnya.


Hobi bersepeda juga ditularkan Yudi kepada rekan kerjanya, Agus. Oleh Yudi, Agus dipinjamkan sepeda dulu. Maksudnya agar sang rekan yang tinggal di Puri Legenda ikut menyukai pergi ke kantor dengan sepeda.


Kata Yudi, para penyuka sepeda memang punya banyak pilihan untuk model sepeda. Harganya-pun lumayan menyedot kantong, khususnya sepeda yang bermerek dunia, Giant, Trek dan Cannondale. ‘’Harganya berkisar Rp2 juta hingga belasan juta,’’ ujar Yudi. Tapi bagi yang mau irit, bisa juga memiliki sepeda eks Singapura yang harganya lebih murah.


Selain Wahyudi, dan Agus, ada Djohan yang juga bekerja di Bandara Hang Nadim ikut bergabung dalam HNABC. Sudah tiga bulan ini Djohan menjalankan kebiasaan barunya yaitu pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda. Rumahnya di komplek Rajawali yang tidak jauh dari Bandara Hang Nadim memberinya peluang untuk selalu pergi ke kantor pakai sepeda setiap hari.
Seperti pagi itu. Cuaca yang tampak cerah mendorong Djohan pergi ke tempat kerja dengan menggunakan sepeda. Setiap pagi, penampilan Djohan terlihat berbeda dari kebiasaan orang yang pergi bekerja. Djohan memakai T-shirt dipadu celana panjang. Sementara pakaian kerjanya justru dimasukan dalam tas punggung yang dibawanya. Kendaraannya yang dimilikinya ditinggal di rumah.


Djohan yang juga pengurus HNABC mengatakan pihaknya tidak hanya mengajak pegawai Bandara saja yang bersepeda ke tempat aktivitas. Tapi juga mengajak masyarakat Batam untuk bersepeda ke kantor, khususnya mereka yang punya tempat tinggalnya dalam radius 10 km dari tempat bekerja.


Banyak sekali kegunaannya dengan bersepeda ke kantor. Salah satunya sebagai sarana olahraga praktis untuk kesehatan tubuh. Selain itu kita juga ikut menjaga lingkungan karena tidak menimbulkan polusi. ‘’Selama ini kita banyak berkoar-koar harus hemat BBM, kami yang bersepeda justru sudah jelas hemat BBM,’’ kata Djohan. (andriani susilawati)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s