Menyongsong , Tahun Kerja Keras

Tahun Kerbau 2009, Tahun Kemanusiaan dan Kehormatan

Banyak kalangan memprediksi tahun 2009 sebagai tahunnya krisis global mencapai klimaks di dunia. Dalam kepercayaan Tionghoa, tahun 2009 jatuh pada shio kerbau. Beberapa pengalaman dalam tahun kerbau di Indonesia, situasi biasanya tidak menentu.

kerbauSeperti tahun 1997 yang identik sebagai tahun krisis moneter atau tahun 1973 menjadi titik awal terjadinya peristiwa Malari. Tapi bagi yang optimis, tahun Kerbau yang juga dikenal sebagai tahun kerja keras adalah tahunnya kehormatan.

Tahun 1997 merupakan Tahun Kerbau Api. Adapun Tahun Kerbau Kayu pada 1985 telah terjadi peristiwa devaluasi. Begitu juga tahun 1973 Tahun Kerbau Air yang menjadi titik awal terjadinya peristiwa Malari (Malapetaka Lima Belas Januari). Peristiwa besar lainnya terjadi di Tahun Kerbau Metal Besar (1961) yaitu ada peristiwa Tri Komando Rakyat (Trikora).

”Tahun Kerbau boleh disebut Tahun Kemanusiaan dan Kehormatan yang sangat dalam,” ujar Bernard Pan Wang Qi, pakar Fengshui dan I-Ching di Batam.

Secara makro kehidupan di bumi mendapat kesempatan untuk pemulihan dan perbaikan atas kehancuran dan kemerosotan kehidupan yang sudah terjadi di semua sektor. Secara mikro bagi mereka yang hidup penuh dengan ketekunan dan kerja keras namun kurang beruntung akan mendapatkan penghargaan kemajuan dalam hidupnya. Dan juga bagi mereka yang tidak jujur dan tekun tetapi mau merubah diri menjadi jujur dan bekerja keras juga akan mendapat kesempatan akan perubahan. Namun jika tidak dapat merubah diri maka akan mengalami kehancuran di tahun Kerbau Tanah 2009 ini.

Kalau ditahun lalu (Tahun Tikus), orang yang jujur dan tekun ada yang sampai tidak mendapatkan apa-apa, bahkan justru orang yang penuh kecuranganlah yang jadi mendapatkan penghargaan (naik jabatan). Maka di Tahun Kerbau ini, hal itu tidak akan terjadi lagi. Hanya orang-orang yang jujur dan tekunlah yang mendapatkan hasil yang baik.

Berdasarkan I-Ching, ilmu Cina kuno tentang kebijakan perubahan (buku pegangan bagi Confusius dan Laotsu sejak 6000 tahun yang lalu) Tahun Kerbau 2009 adalah Tahun Kehormatan dan Kemanusiaan yang sangat dalam. Di dalam tahun kehormatan seakan-akan hadir seorang hakim yang akan menilai dan menseleksi kehidupan kita sehingga kehidupan akan berubah menjadi lebih bahagia, damai dan harmonis, namun proses perubahan tersebut jelas tidak stabil. ”Sebab itulah terkadang tahun kerbau disebut tahun kehancuran, seperti tahun kerbau 1997 krisis moneter, tahun kerbau lainnya pada1985 terjadi devaluasi,” ujar Bernard Pan Wang Qi.

Menurut Bernard, ada dua elemen yang mempengaruhi karakter Tahun Kerbau yaitu elemen langit (Tian Kang) yaitu Ji (Yin Earth) dan elemen Bumi (Tie Che) yaitu Chou (Yin Earth). Ji merupakan elemen yin earth/tanah kecil yang mengandung air, metal dan api, dan membawa sifat lemah dan butuh perawatan untuk menstabilkan kondisi agar menjadi tanah yang subur.

Sedangkan Chou (kerbau) juga merupakan elemen yin earth/tanah kecil yang mengandung air, metal dan tanah yang menghasilkan metal, yang juga membawa sifat ego, pandangan lurus, kurang toleransi, tidak stabil dan menyukai keadilan.

Kondisi di tahun kerbau 2009, ibarat sebuah lahan pertanian yang masih kosong. Siapapun yang ingin mendapatkan hasil pertanian harus memulainya dengan menggarap lahan pertanian dengan tekun dan bekerja keras. Dan harus diingat sewaktu membajak lahan dengan kerbau harus berurut, tekun dan berjalan maju, tidak boleh memotong jalan ataupun berbelok seenaknya karena lahannya akan berantakan.

Lalu setelah menggarap dan merawat lahan pertanian selama berbulan-bulan, barulah akan memanen dan mendapatkan hasilnya. Sebaliknya, bagi mereka yang tidak mau menggarap lahan dengan bekerja keras dan mengikuti cara tersebut tidak akan memperoleh hasil apa-apa.

”Lahan pertanian, kalau kebanyakan air bisa banjir, kalau kena panas akan bagus. Tapi kalau terlalu panas, tanah pertaniannya akan kekeringan. Jadi boleh dikatakan Tahun Kerbau, tahun kehancuran tanpa toleransi bagi yang tidak mau bekerja keras, tidak jujur dan tidak tekun, tetapi juga dapat dikatakan tahun kehormatan bagi yang mau bekerja keras, jujur dan tekun,” ujar Bernard

Beberapa pengalaman dalam tahun kerbau di Indonesia, situasi biasanya tidak menentu. Seperti Tahun Kerbau Api pada tahun1997 yang identik sebagai tahun krisis moneter. Saat itu terjadi pergolakan di negeri ini baik bidang politik, ekonomi, dan sosial kemasyarakatan.

Demikian juga pada tahun Kerbau Kayu pada tahun 1985. Di 1985 menjadi sebuah periode berat karena begitu banyak bencana. Mulai dari bom (Bom meledak di Candi Borobudur), kebakaran, teror, gempa dan kelaparan. Di tahun itu terjadi devaluasi yang tajam dan berimbas pada upah kerja, tabungan dan harga barang – barang serta jasa. Ini juga mengakibatkan naiknya nilai dari utang jangka pendek, yang didenominasikan dalam dolar AS. Saat itu ekonomi lesu, dan PHK pun tak terelakkan. Akibatnya, makin banyak penganggur yang bergentayangan.

Di Tahun Kerbau Air pada tahun 1973, tepatnya sejak pertengahan tahun 1973 banyak terjadi tuntutan-tuntutan oleh kaum muda hingga puncaknya pada tanggal 15 Januari 1974 terjadi demonstrasi mahasiswa dan akhirnya pecah menjadi kerusuhan massa (kerusuhan sosial) di Jakarta. Peristiwa tersebut kemudian dikenal sebagai Peristiwa Malapetaka Lima Belas Januari (Malari).

Di Tahun Kerbau Metal Besar (1961), ditetapkan Trikora(Tri Komando Rakyat) oleh Ir Soekarno. Isi Trikora sebagai berikut satu Gagalkan pembentukan negara Boneka Papua buatan Kolonial Belanda.Dua yaitu Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat Tanah Air Indonesia dan tiga bersiaplah untuk mobilisasi umum mempertahankan kemerdekaan serta kesatuan Tanah Air dan Bangsa Indonesia. ‘’Di tahun-tahun Kerbau suka ada peristiwa besar,” Ujar Bernard

Menurut Bernard, dari pengaruh kondisi yang terjadi dan pengaruh kombinasi elemen di tahun Kerbau yang menghasilkan logam maka perlu memperhatikan kesehatan mental dan fisik juga karena penyakit yang akan dominan antara lain : Nervous breakdown (mulai dari stress hingga stroke), permasalahan dengan darah dan perut, bahkan memungkinkan terjadi masalah kelaparan. Elemen api yang bisa didapat dari berolahraga dan aktif bekerja dan aktif dalam pergaulan dapat menstabilkan siklus elemen tubuh dan dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut.

Di tahun Kerbau 2009, penyakit yang dominan stress, permasalahan dengan darah dan perut. Untuk stress misalnya itu karena pada faktanya di 2009 orang-orang akan menghadapi situasi kehidupan yang pelik akibat krisis global. Sedangkan permasalahan perut, bisa jadi karena terlalu sibuk sampai lupa makan atau dikarenakan makanan yang disantap tidak terjamin gizinya karena kondisi ekonominya menurun.

Menurut Bernard api yg berperan dan logam yang dihasilkan serta tumbuhan yang tumbuh dari elemen tanah tahun kerbau juga sangat mempengaruhi. Biidang usaha yang akan bagus di tahun Kerbau Tanah (2009) yaitu seperti Bisnis hiburan/even organizer, pakaian, media cetak, pendidikan dan penerbangan. Sedangkan bidang usaha yang hanya dapat bertahan atau sedikit merugi yaitu contohnya properti, perhotelan, pertambangan. Adapun bidang usaha dapat jatuh yaitu contohnya transportasi, trading, minuman, money changer, perkapalan dan lainnya.

Untuk itu disarankan buatlah planning/rencana yg matang pada saat sekarang hingga awal bulan dan persiapkan kondisi untuk bertahan dengan stabil, serta jangan berinvestasi. Kemudian jalankan dan lakukan dengan jujur dan tekun dan pandang ke depan.

Gambaran secara garis besarnya di Tahun Kerbau, kondisinya cenderung buruk, namun lebih stabil dari tahun Tikus 2008. Meski demikian, dampak pada sisi kehidupan masyarakat akan sangat bervariasi. Dilihat dari karakternya, Tahun Kerbau ini punya kecenderungan sebagai tahun yang punya putaran roda kehidupan yang cepat. Mereka yang hidup di atas bisa langsung di bawah. Begitupun sebaliknya.

”Sebagai contoh di tahun 2007, meski terjadi pergolakan segala bidang mulai dari politik, ekonomi dan sosial kemasyarakatan akibat krisis moneter. Saat itu, ada orang yang kaya mendadak miskin, begitu sebaliknya banyak juga orang yang mendadak kaya,” ujar Bernard.

Hal lain yang mesti diingat adalah tidak semua mereka yang jatuh adalah buruk. ”Salah satunya di tahun 1997. Mereka yang terkena PHK, lalu jadi pengangguran. Itu tidak bisa selalu dibilang buruk. Justru karena di PHK, lalu dia berpikir keras untuk membuka usaha. Ia dengan tekun dan bekerja keras menjalankan usahanya. Hasil akhirnya mereka jadi berhasil dan sukses sebagai pebisnis baru,” ujarnya.

Contoh lainnya pada tahun 1985. Saat itu ekonomi lesu, dan PHK pun tak terelakkan. Akibatnya, makin banyak penganggur bergentayangan. Disaat itu juga, cukup banyak yang ulet dan terjun ke sektor informal: menjadi pedagang kaki lima atau membuka bengkel motor. Di antara mereka pastinya ada yang menjadi sukses.

Gambaran secara garis besarnya di Tahun Kerbau, kondisinya cenderung buruk. Meski demikian, dampak pada sisi kehidupan masyarakat akan sangat bervariasi. Dilihat dari karakternya, Tahun Kerbau ini berdasarkan I Ching merupakan tahun dengan putaran roda kehidupan cukup cepat dan kuat. Mereka yang hidup di atas bisa langsung di bawah. Begitupun sebaliknya. ”Para spekulan akan hancur, tidak mungkin mereka kaya tanpa kerja keras. Tahun Kerbau akan membawa satu kehormatan,” ujarnya.

Sebagai tahun Kehormatan yang sangat dalam. Siapapun yang jujur dan tekun usahanya maka tetap akan mendapatkan hasil yang baik. Sebaliknya, mereka yang penuh kecurangan akan mendapatkan marabahaya. Saat ini, Tahun Tikus akan segera berakhir. Pada 26 Januari 2009, kita akan memasuki Tahun Kerbau Tanah dalam kalender China. Berdasarkan analisa Bernard, di 2009, diprediksi Tahun Kerbau Tanah secara garis besarnya buruk tetapi jauh lebih stabil dibanding tahun Tikus 2006

Selama 12 bulan di Tahun Kerbau, kondisinya berbeda-beda sesuai empat massa yaitu pertama massa untuk periode Januari –April merupakan musim semi, kedua massa dalam periode Mei –July disebut musim panas, ketiga massa periode Agustus-Oktober disebut musim gugur dan massa dalam periode November-Januari 2010 disebut musim dingin.

Ke empat massa tersebut, masing-masing punya prediksi kondisi yang berbeda. Untuk 3 bulan antara Februari –April kondisinya cenderung lemah baik ekonomi, politik dan social kemasyarakatan. Dalam periode Mei-Juli cenderung kuat di segala bidangnya. Sedangkan pada Agustus-Oktober diprediksi kondisinya keropos/rentan hancur dan kondisi pada November –Januari 2010 diprediksi kondisinya terburuk dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Lebih dalam Bernard menjelaskan kondisi lemah selama Februari-April ini terlihat dari banyaknya kekhawatiran baik mereka yang bergelut dalam bisnis, politik, dan social kemasyarakatan. ”Pelaku bisnis masih banyak yang ragu-ragu dalam menjalankan bisnisnya ke depan di tengah krisis global ini,” ujar Bernard.

Kondisi lemah di awal tahun Kerbau juga digambarkan adanya peninjauan ulang oleh pemerintah terkait kebijakan NPWP dan Sunset Policy untuk menyelamatkan perekonomian Negara. ”Ternyata pelaksanaan kebijakan di masyarakat tidak semudah itu bisa diselesaikan, apalagi dalam tempo singkat,” ujar Bernard.

Prediksi sosial kemasyarakatan yang kondisinya lemah juga terjadi akibat dari terjadinya krisis global.

Bernard menyarankan untuk menyikapi masa februari-April yang diprediksi kondisinya lemah, setiap individu masyarakat yang terpuruk seperti korban PHK yang terpenting adalah jangan menoleh ke belakang dan harus tetap semangat menatap ke depan.

Sedangkan para pelaku bisnis harus punya perencanaan yang bagus di awal tahun Kerbau, termasuk meluruskan bisnis menyimpang ke bisnis yang lurus. ”Di Tahun Kerbau lebih baik merapikan bisnis yang telah ada dibandingkan berinvestasi ke bisnis baru,” ujarnya.

Di awal tahun Kerbau, pasangan yang merencanakan akan menikah disarankan untuk menunda pernikahan terkecuali bagi pasangan dengan kualitas hubungan yang sangat bagus. ”Pasangan yang kualitas hubungannya tidak sempurna, jika tetap menikah tidak akan bisa bertahan di Tahan Kerbau,” ujarnya, Berdasarkan I Ching tahun Kerbau itu memang kurang bagus untuk memulai kehidupan oleh pasangan-pasangan baru. karena Tahun Kerbau itu tahun kesepian. ”Bagi pasangan yang sudah punya perencanaan akan menikah, sebaiknya dipercepat pernikahaannya sebelum masuk di Tahun Kerbau Tanah, 26 Januari mendatang,” saran Bernard.

Khusus sosial kemasyarakatan, kata Bernard setiap individu jangan macam-macam dan bertindak curang di Tahun Kerbau. Pasalnya Tahun Kerbau ini ada sebuah keadilan, mereka yang melakukan kecurangan akan langsung dapat hukuman.

Prediksi selanjutnya adalah kondisi pada Mei-Juli yang diprediksi kondisinya kuat. Kekhawatiran dan keragu-raguan akan hilang begitu memasuki bulan Mei-Juli. ‘’Semua bidang akan berjalan baik. Bahkan semua pihak akan aman, baik mereka yang hidup jujur maupun yang hidup penuh kecurangan. Mei-Juli tergolong masa aman bagi semuanya,” ujarnya.

Adapun pada Agustus-Oktober diprediski kondisinya digambarkan keropos/rentan mudah hancur. Keropos yang digambarkan di Agustus-Oktober di Tahun Kerbau ini merupakan dampak dari perencanaan yang kurang bagus di awal tahun. Keropos/rentan yang digambarkan di Tahun Kerbau adalah adanya gejolak bisnis yang dijalankan tidak berhasil. Tapi khusus bagi mereka pebisnis yang telah punya perencanaan bagus di awal Tahun Kerbau, tidak akan mengalamin penurunan omset bisnis,

Demikian juga bidang politik yang mengalami pergolakan termasuk pergolakan dalam hubungan social kemasyarakatan. Di masa Agustus –Oktober diprediksi banyak terjadi keretakan dengan rekan bisnis, keretakan dalam hubungan teman. Di masa keropos (agustus-oktober) pasangan yang awal tahun menikah namun hubungannya tidak sempurna, di masa inilah mereka mengalami ketidak harmonisan.

Bernard mengatakan kondisi keropos di masa ini tetap masih bisa disikapi dengan menghindari kekerasan dalam kehidupan sosial. ”Jangan menyelesaikan permasalahan dengan kekerasan. Jika itu tetap dilakukan semuanya hancur. Kalau ada pertikaian jika dibutuhkan mengalah saja atau dihindari,” ujarnya.

Mereka yang berbisnis namun belum bisa dapat keuntungan. Harus sedikit bersabar dan tetap menjalankan bisnisnya. ”Asal bisnisnya mampu berjalan, bagusnya terus dijalankan saja, itu lebih bagus dibandingkan melakukan ekspansi bisnis,” ujarnya.

Pada bulan November-Januari 2010, kondisinya diprediksi paling terburuk dibanding bulan-bulan sebelum di Tahun Kerbau. Di masa ini, siapa yang tidak lurus dan tidak tekun akan hancur dan tidak mendapatkan apa-apa. ”Mereka yang dalam perjalanan hidupnya tidak jujur, kurang tekun akan jatuh,” ujar Bernard.

Bernard mengatakan bagi mereka yang merencanakan pindah ke luar kota, baik itu karena dipindahtugaskan perusahaan atau karena alasan lainnya. Di Tahun Kerbau 2009 ini merupakan waktu yang tepat untuk melaksanakannya. Perpindahan keluar kota ini diibaratkan sebuah kesemptan untuk mendapatkan perubahan/kemajuan dalam hidupnya. Sebab ini seperti sinyal mendapatkan kehormatan untuk mendapatkan perubahan dalam hidupnya karena telah jujur dalam hidup, tekun dan bekerja keras pada tahun-tahun sebelumnya.

Khusus untuk peruntungan setiap orang pada tahun Kerbau 2009 dapat dilihat secara global dari perhitungan tahun kelahiran, tetapi lebih tetap dalam prediksinna jika diperhitungan dengan elemen diri secara menyeluruh yang dapat dilihat dari perhitungan 4 pilar yaitu berdasarkan tahun, bulan, hari dan jam kelahiran.

Berdasarkan perhitungan tahun kelahiran, di Tahun Kerbau Tanah(2009) mereka yang bershio tikus peruntungannya sedang, Shio kerbau (sedang), Shio Harimau (kurang bagus) dan Shio Kelinci (sedang). Adapun Shio Naga peruntungannya kurang bagus, shio ular (bagus), shio kuda kurang bagus, shio kambing (kurang bagus), shio monet (sedang), shio ayam (bagus), shio anjing (sedang) dan shio Babi (sedang).

Para pebisnis di Batam juga telah bersiap diri di tahun Kerbau 2009. Salah satunya Bos Why Not (pusat belanja tas impor di depan Hypermart Nagoya Hill, Erik. ”Seberapa besar keberhasilan bisnis yang kita jalankan tergantung seberapa kuat kita berusaha. Kalau kita tidak berusaha dengan keras dan tekun, hasilnya tak seberapa, apalagi kondisi sekarang sedang krisis,” ujar Erik.

Pebisnis lain Yusi Ceung, pemilik Batam Promo even Organizer. Ia juga telah bersiap diri untuk menghadapi tahun Kerbau di 2009. ”Kerbau itu pekerja keras, jadi kita harus lebih bekerja keras di tahun 2009. Karena tantangannya lebih besar,’’ ujarnya.***

Di 2009, Yusi telah membuat perencanaan. ‘’Ada 8 iven nasional yang akan kami tangani dan 11 iven lokal yang berlangsung di beberapa mall, yaitu di Top 100 Penuin, Mega Mall Batam Centre, BCS Mall, Nagoya Hill dan lainnya,’’ katanya. (andriani susilawati)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s