Sebuah Permintaan dari Jimmy Wales

ISENG-ISENG mampir ke situs Wikipedia. Itu salah satu situs favorit saya beberapa tahun lalu. Banyak informasi dan wawasan baru yang saya dapat di sana. Dari segi tampilan, tidak ada yang begitu berubah dari Wiki. Situs itu masih “bersih” dari iklan dan promo-promo produk.

Tampilan awal pada situs : Wikipedia.0rg juga masih sama. Ada alternatif beragam bahasa yang bisa kita pilih untuk mengakses informasi yang ada di dalamnya. Lebih ke dalam lagi, tetap ada fitur mesin mencari yang akan menyesuaikan dengan kata kunci ensiklopedi yang kita masukkan.

Tidak ada iklan, tidak ada promosi. Dua banner yang ada di sebelah kiri adalah link untuk menuju ke dua situs turunan Wikipedia lainnya ; www.mediawiki.org dan wikimediafoundation.org.

Satu-satunya tampilan yang mungkin agak baru adalah gambar pendiri Wikipedia, Jimmy Wales yang terpampang besar di bagian atas. Tapi, Jimmy tidak sedang mempromosikan diri seperti kandidat-kandidat kepala daerah yang banyak menghiasi kepala-kepala halaman surat kabar hingga situs media dan televisi. Jimmy Wales tampil untuk menyampaikan permintaannya kepada komunitas Wikipedia. Ini tentang masa depan situs tersebut.

Ini permintaan Jimmy Wales :

Banyak yang mengganggap saya aneh ketika sepuluh tahun lalu saya mulai berbicara kepada orang-orang tentang Wikipedia.

Katakan misalnya saja tentang sikap skeptis dari beberapa orang tentang pandangan saya bahwa sukarelawan dari seluruh dunia bisa datang bersama-sama untuk menciptakan sebuah wadah yang luar biasa besar dari sumber informasi dan pengetahuan manusia. Semuanya untuk tujuan yang sederhana, berbagi.

Tidak ada iklan, tidak ada misi tertentu. Tanpa pamrih.

Satu dekade setelah didirikan, hampir 400 juta orang menggunakan Wikipedia dan situs turunannya setiap bulan. Jumlah itu hampir sepertiga dari populasi dunia yang terhubung ke Internet.

Ini adalah situs ke-5 yang paling populer di dunia saat ini. Keempat situs lainnya dibangun dan dipelihara dengan investasi miliaran dolar, pegawai perusahaan dalam jumlah besar dan pemasaran tiada henti.

Wikipedia bukanlah situs web komersial. Wikipedia adalah sebuah situs komunitas yang diisi oleh para relawan untuk membuat entri dari waktu ke waktu. Anda adalah bagian dari komunitas kita itu. Dan, saya menulis sekarang adalah untuk meminta Anda melindungi dan mempertahankan Wikipedia.

Dengan bersama-sama, kita bisa tetap gratis dan bebas dari iklan. Kita dapat tetap terbuka. Anda dapat menggunakan informasi di Wikipedia dengan cara apapun yang Anda inginkan. Kita bisa tetap tumbuh, menyebarkan pengetahuan di mana-mana dan mengundang partisipasi dari semua orang.

Setiap tahun pada saat ini, kami menjangkau dan meminta Anda serta orang lain di seluruh komunitas Wikimedia untuk membantu mempertahankan usaha bersama kita ini dengan sumbangan sederhana $ 20, $ 35, $ 50 atau lebih.

Jika Anda menghargai Wikipedia sebagai sumber informasi dan sumber inspirasi, saya harap Anda akan memilih untuk bertindak sekarang.

Semua (untuk) yang terbaik,

Jimmy Wales
Pendiri Wikipedia

P.S. Wikipedia adalah tentang kekuatan dari orang-orang biasa seperti kita untuk melakukan hal-hal yang luar biasa. Orang-orang seperti kita yang menulis di Wikipedia, terus menerus dari waktu ke waktu. Orang-orang seperti kita mendanai proyek ini, satu sumbangan pada satu waktu. Ini adalah bukti dari potensi bersama kita untuk mengubah dunia.

———–oooo————-

Dari situs wikimediafoundation.org saya dapat gambaran tentang permintaan terbuka Jimmy Wales tersebut. Obyektif pertama dan terpenting adalah untuk mempertahankan Wikipedia dan proyek-proyek mereka lainnya agar tetap gratis dan bebas iklan. Usulan donasi seperti yang disampaikannya adalah untuk membantu mendanai peralatan server, staf operasi, saluran yang lebih besar (pita lebar, broadband), dan lain sebagainya.

Tahun ini, Wiki sebenarnya juga punya rencana untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan (storage) sehingga memungkinkan menyimpan file-file video dan audio yang lebih banyak lagi.

Menurut Jimmy, donasi yang berhasil dikumpulkan nantinya juga akan digunakan untuk pengembangan beberapa perangkat lunak agar secara berkesinambungan dapat meningkatkan performa Wikipedia bagi para pembacanya, sekaligus untuk meningkatkan efektivitas kontribusi mereka. Peningkatan perangkat lunak tersebut termasuk pengembangan peralatan peningkatan kualitas, penyederhanaan antarmuka penyuntingan, peningkatan proses pemuatan media, penanganan yang lebih baik atas ragam media, statistik kedalaman, dan lain sebagainya.

Apa yang bisa kita dapatkan? Wiki menjanjikan setiap orang dapat tetap memiliki akses ke konten mereka dalam berbagai cara dan gratis. Termasuk juga untuk mengunduh materi-materi yang ada di situs tersebut. Baik itu yang berupa tulisan, audio atau video.

Yang lain, hasil donasi yang terkumpul juga akan dibagi untuk sebuah proyek menolong organisasi nirlaba lain. seperti proyek One Laptop Per Child, membantu meningkatkan akses telepon selular, menambahkan sistem eksport PDF dan membangun kerjasama strategis untuk membantu mereka yang hanya memiliki akses internet yang terbatas hingga tidak ada sama sekali.

Terakhir, namun juga yang terpenting, Wikimedia Foundation hadir untuk mendukung komunitas sukarelawan global supaya mereka dapat meningkatkan jumlah pengetahuan bebas. Sekarang, Wiki didukung oleh 19 mitra-mitra lokal. Dua yang terbaru adalah dari Brasil dan Indonesia.

Nah, itu semua memang baru bisa berjalan jika komunitas Wiki berpartisipasi penuh untuk tetap mempertahankan keberadaan situs tersebut. Keberadaan dan kelangsungan Wikipedia sekarang, sepertinya memang akan lebih banyak bergantung pada partispasi para relawannya. Termasuk mungkin anda? . (***)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s