[NulisRingkas] (1) Rasional Vs. (2)Suka

pilihan

BERPIKIR rasional itu seperti misalnya saat kita berencana membeli ponsel. Kita dihadapkan pada beberapa pilihan merk dengan spesifikasi dan harga yang berbeda-beda. Kita akan menimbang-nimbang dulu azaz manfaat dari serangkaian pilihan yang ada. Apakah spesifikasinya sesuai dengan fungsi dan kegunaan yang akan kita pakai? Apakah harganya cukup pas untuk ukuran kantong kita? Apakah keandalan ponsel tersebut terjamin?


Dan, pada akhirnya kita akan menetapkan sebuah pilihan dari beberapa ponsel tersebut. Mungkin sekali tidak seluruh syarat yang ada di kepala soal ponsel idaman, bisa terakomodir di pilihan kita itu. Orang yang berpikir rasional akan memilih yang paling mendekati spesifikasi yang diinginkannya. Mereka pilih yang paling banyak mendatangkan manfaat kegunaan dibanding mudaratnya. Soal merk, saya pikir orang rasional akan menempatkannya pada prioritas yang kesekian karena itu cuma branding yang belum tentu sesuai dengan kegunaan kita.

————————————

KALAU berpikir atas dasar suka? Ya, pokoknya suka saja dengan merk-nya yang sudah popular kemana-mana itu. Ya, pokoknya suka saja dengan bentuk chasingnya yang kelihatan bagus itu. Ya, pokoknya suka saja dengan harganya yang sepertinya bisa meningkatkan prestise saat digunakan. Ya, pokoknya suka saja karena idola kita juga pakai ponsel yang seperti itu. Ya, pokoknya suka saja karena banyak orang terkenal yang sudah pakai ponsel dengan merk dan spesifikasi yang sama seperti itu. Ya, pokoknya sukaaaa ajah! (***)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s