psx_20160117_101351.jpg

Musik Zaman

SAYA suka mengamati situasi yang terjadi pada suatu zaman dari tren musik yang berkembang. Kok musik? Ya. Musik itu pengejawantahan ide. Kreasi dan daya cipta pelaku musik biasanya dipengaruhi suasana sekeliling dan yang terjadi saat itu.

Begini. Ide, pemikiran dan daya cipta seni biasanya lahir dari kondisi yang ada di sekeliling. Tidak jarang juga bahkan  mempengaruhi alam bawah sadar para senimannya saat proses pembuatan karya.  Agar diterima ‘pasar’, tentu juga akan berhubungan erat dengan tema-tema yang diangkat dalam karya musik mereka.

Saat zaman itu sedang hangat tema apa? Apa yang sedang in dan jadi tren pembicaraan? Aliran musik yang berkembang seperti apa?

Dari situ, kita bahkan bisa membayangkan suasana sosial yang sedang terjadi. Juga tentang kebijakan politik rezim yang sedang berkuasa, moral etika yang berkembang dan juga kondisi ekonomi masyarakatnya.

Selain jadi hiburan bagi yang mendengar, musik juga jadi sarana penyampaian uneg-uneg, fakta sosial dan ide bagi yang memainkan. Kemudian dikemas jadi identitas melalui aliran yang diusung. Yang keluar biasanya berkaitan dengan apa yang dilihat, didengar dan dirasakan pada zamannya. Dan, itu ngga selalu harus berbentuk kritik sosial, lho.

Ungkapan syair cinta, kasih sayang dan tema-tema yang berhubungan antar manusia dan Tuhan juga merupakan uneg-uneg, ide dan fakta sosial yang sering dimunculkan.

Saya lebih percaya para pemusik dalam menjelaskan secara tersirat situasi dan suasana suatu zaman lewat aliran-aliran musik yang mereka usung dan tema karya-karya yang mereka hasilkan.

Ketimbang harus mempercayai ini ; Ocehan tersurat para politikus atau sejarahwan kopong yang berusaha mendoktrin atau menjustifikasi suatu zaman yang telah lewat dalam label gelap atau terang sesuai kepentingan mereka. (*)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s